Friday, December 9, 2011

Bagaimana Menambah Berat Badan?

oleh Anggit Tinarbuka AW


Bagi kebanyakan orang, saran / tips untuk menurunkan berat badan lah yang paling sering dicari. Namun tidak sedikit juga yang berusaha mencari, berkonsultasi maupun menerapkan cara-cara untuk menaikkan berat badan alias menggemukkan diri. Yang satu ingin menurunkan berat badan, sedangkan yang satu lagi ingin menaikkan berat badan. Hahaha. Tetapi tidak apa-apa, karena kita semua punya pemikiran dan hak masing-masing, dan juga mengingat bahwa manusia cenderung tidak puas atas apa yang diterimanya.



Berikut ini diinformasikan mengenai bagaimana untuk menaikkan berat badan secara umum bagi orang-orang yang kurus. Tetapi tidak menjamin bahwa saran-saran ini dapat bekerja dengan maksimal. Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa aspek juga berperan didalam metabolisme tubuh ini dan sangat kompleks. Aspek tersebut berkaitan dengan riwayat keturunan (gen), riwayat penyakit, sistem metabolisme tubuh, penyakit yang diderita, lingkungan, dll. Faktor lainnya yang perlu diingat adalah bahwa setiap orang mempunyai karakteristik kesehatan sendiri-sendiri,  jadi tidak bisa disamakan. Misalnya, orang yang hipersensitif apabila memakan makanan yang dimakan orang lain biasa-biasa saja, tetapi pada orang ini malah bisa menjadi batuk-batuk, muntah atau alergi. Jadi yang akan diinformasikan hanya tips / saran secara umum saja.


 


Bersumber dari artikel detikhealth.com, mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan lebih sering adalah cara yang paling umum dilakukan untuk menaikkan berat badan kita. Tetapi jangan salah jika ternyata cara tersebut merupakan pola makan orang kebanyakan yang biasanya bertujuan menjaga berat badan atau bahkan mengurangi berat badan.


Jadi untuk menaikkan berat badan dengan cara:


1. Makan 5-6 kali sehari, setiap hari: 3 makan besar seperti sarapan, makan siang dan makan malam ditambah 2-3 kali cemilan. Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu mengolah makanan.


2. Makan makanan yang mempunyai banyak energi seperti susu full krim dan produk olahannya, daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan alpukat. Jangan ragu untuk memasukkan protein (susu,telur, ikan dan daging) ke dalam setiap makanan, karena Anda memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot.


Jika Anda merasa puas dengan produk susu penambah berat badan, Anda bisa mengonsumsinya terus. Jika tidak, alternatif lain yang mungkin lebih murah adalah dengan membuat susu dari susu bubuk biasa dengan jumlah banyak sampai kental.


Serta tidak dianjurkan pemakaian obat-obatan herbal karena kemungkinan besar tidak ada daftar isi obatnya dan tidak ada jaminan dari produsen sehingga kita sebagai konsumen tidak bisa mengetahui efek samping yang mungkin bisa muncul.


Ada baiknya Anda juga rutin berolahraga agar protein yang Anda konsumsi bisa disimpan sebagai otot dan bukan sebagai lemak. Selamat mencoba.

2 comments:

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..