Friday, December 9, 2011

Bahan Makanan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

oleh Anggit Tinarbuka AW


Setiap bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan dan produk peternakan, seperti diketahui kita semua. Tidak hanya sebagai bahan konsumsi saja, tetapi juga memiliki berbagai manfaat maupun khasiat. Manfaat tersebut bisa jika dikonsumsi langsung, diolah ataupun sebagai bahan campuran lain. Tulisan ini disarikan dari artikel di dalam sebuah majalah PARAS edisi Desember 2011. Makanan yang juga bermanfaat untuk kesehatan diri tersebut adalah Telur dan Bawang Putih.


 


SARAPAN TELUR REBUS


Sarapan sangat penting dalam mengawali hari untuk beraktivitas. Secara umum dengan sarapan membantu vitalitas dan daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan dan paling utama untuk menyediakan energi beraktivitas. Pemilihan menu sarapan tergantung kebutuhan setiap pribadi, tetapi lebih baik disarankan untuk makanan yang tidak terlalu berat dan banyak karbohidrat karena cenderung menjadi mengantuk nantinya. Makanan yang ringan dan berserat di anjurkan untuk menyehatkan pencernaan dan membuat kenyang.


Sarapan yang praktis dan bergizi dapat menyajikan telur rebus dan roti. Dalam hal ini, bagaimana merebus telurnya perlu diperhatikan. Dengan merebus telur setengah matang dimungkinkan berdampak pada tidak matinya kuman / virus. Dan apabila telur direbus terlalu lama dapat menjadikan telur keras. Untuk menyajikan telur rebus yang lembut dan gurih, perlu diberikan sedikit garam pada air. Kemudian rebus dengan api sedang sekitar 10 menit lamanya. Angkat panci tersebut dan biarkan telur dalam panci agar matang diluar api. Setelah air rebusan sudah menjadi hangat, angkat telur dan disajikan untuk sarapan.


 


BAWANG PUTIH KERINGKAN JERAWAT


Permasalahan jerawat walaupun terlihat kecil tetapi orang-orang rela melakukan segala cara untuk menghilangkan atau menyingkirkannya. Jerawat membuat wajah terlihat kotor, tidak sehat dan noda yang tertinggal pun sulit hilang. Telah banyak produk-produk kesehatan yang dijual maupun menurut anjuran dokter dalam menyingkirkan jerawat. Tetapi ternyata bawang putih dapat membuat mengeringkan jerawat.


Jerawat apabila sudah mengering biasanya terasa gatal dan membuat kita ingin menggarukkan. Dan setelah digaruk. Deshh. Anda akan tahu sendiri jadinya. Hehehe. Untuk membantu jerawat agar lebih cepat mengering, bisa dengan mengambil satu siung bawang putih, kemudian dikupas dan dicuci bersih. Potong dengan menggunakan pisau dan pijat daging dalamnya sampai keluar cairannya. Cairan tersebut dioleskan pada bagian yang ditumbuhi jerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga mengering. Setelah itu basuh dengan sabun wajah. Serta gunakan air hangat untuk membersihkannya.


 


KUNING TELUR HALUSKAN WAJAH


Kulit wajah yang halus adalah dambaan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan lembut tidak hanya dengan perawatan salon atau dengan dokter. Kita bisa melakukan alternatif perawatan dengan menggunakan kuning telur. Walaupun agak merepotkan tetapi paling tidak murah, praktis dan tidak berefek samping. Caranya dengan mengambil bagian kuning telur, kemudian kocok agar kuning telurnya rata. Tambahkan satu sendok madu dan diaduk lagi. Campuran ini dapat digunakan sebagai masker alami dengan mengoleskan pada seluruh wajah dan dibiarkan hingga 30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit kemudian cuci wajah dengan air hangat hingga bersih. Setelah dengan air hangat kemudian kompres dengan air dingin. Wajah akan terasa kencang dan lembut. Untuk mendapat kulit yang diinginkan tentu tidak hanya dengan sekali penggunaan. Bisa dilakukan perawatan ini seminggu dua kali jika tidak terjadi gangguan pada kulit, karena bagi yang berjerawat tidak dianjurkan melakukan perawatan ini.


 


CABAI MERAH MELEMBABKAN KULIT


Yang namanya cabai pasti pedas. Tetapi rasa cabai yang pedas ini ternyata memberikan manfaat. Pedasnya cabai memicu keluarnya keringat dan biasanya membuat kita tidak nyaman. Namun dengan begitu ternyata dapat menjaga kelembapan kulit kita. Cabai merah mengandung antioksidan dan dapat melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang ada di lingkungan kita seperti asap rokok, polusi, dan sinar matahari. Cabai merah juga terdapat vitamin C yang merupakan antioksidan dan betakaroten.

4 comments:

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..