Sunday, January 1, 2012

Kaleidoskop Tahun 2011 : Berita Menarik dan Unik

 

Tulisan ini disajikan dalam rangka mengingat kembali beberapa kejadian sepanjang 2011. Saudara-saudara dapat merasakan bahwa ternyata satu tahun tidak terasa sudah terlewati. Tulisan ini ditulis di malam tahun baru, jadi saya ucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2012..

 

 

Norman Kamaru




Media Youtube telah membuat pria asal gorontalo ini menjadi dikenal penduduk se nusantara ini. Norman Kamaru mencuri perhatian ketika berjoget mengikuti sebuah lagu India di pos jaga. Norman tidak hanya berhasil menghibur koleganya yang sedang sedih, tapi juga ratusan juta warga Indonesia yang rupanya menyukai sosok polisi jenaka.

Artis youtube Indonesia ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya beberapa orang juga mendadak terkenal dengan rekaman di youtube mereka. Tetapi bedanya adalah Norman memang pandai menyanyi dan menari sehingga dapat membuat masyarakat berdendang juga.

Ketenaran nya di awal hari-harinya membuat nya sangat sibuk karena mendapatkan banyak tawaran menyanyi di berbagai tempat. Norman yang saat itu berpangkat Briptu pun mendapat kawalan dari kepolisian juga di setiap acara. Dan pada akhirnya Norman keluar dari kepolisian dan menjadi penyanyi dan aktor.

 

Crop Circle Indonesia



Di tahun 2011, masyarakat sempat heboh dengan pemberitaan tentang pola seni ini yang terjadi di Yogyakarta. Timbul banyak pendapat maupun dugaan akan datangnya makhluk luar angkasa ini. Kegemparan muncul ketika sebuah sawah di Sleman, Yogyakarta, menampilkan pola aneh (yang menurut sebagian orang, dibikin oleh UFO). Benarkah mahluk luar angkasa mampir di Sleman dan meninggalkan jejak?

Seorang petani bernama Tukiman menemukan pola-pola lingkaran itu pada hari Minggu pagi. Keesokannya, polisi sudah membatasi area pola lingkaran dengan diameter 70 meter itu menggunakan pita kuning. TNI pun ikut mengirimkan helikopter untuk mengambil gambar dari udara. Masyarakat sekitar Yogyakarta langsung berkumpul untuk melihat langsung "jejak" mahluk luar angkasa. Satu orang bahkan meninggal saat melihat pola lingkaran. Ia tergelincir ketika mendaki bukit yang licin akibat hujan demi melihat pola lingkaran.

Pola tanaman serupa juga muncul seminggu kemudian di Dusun Kumbangan, Magelang. Peneliti Lapan kemudian menyimpulkan bahwa pola sawah itu adalah buatan manusia. Alasannya, ada padi-padi yang diinjak dan tercabut oleh para pelaku saat ‘membuat’ pola lingkaran. Mereka juga menyimpulkan bahwa pola-pola tanaman ini bisa dengan mudah dibuat menggunakan tali.

Sekumpulan mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada mengaku bertanggungjawab atas pembuatan pola tanaman ini, tapi belum ada penjelasan lengkap. Pada Mei 2011, muncul lagi crop circle baru yang lebih besar di Bekasi, Jawa Barat. Kali ini, belum jelas siapa yang bertanggungjawab dengan pola berdiameter 90 meter.

 

Gerhana Bulan






Secara umum, berbagai fenomena astronomi selalu menarik untuk dilihat oleh manusia, termasuk gerhana bulan. Yang menarik dari gerhana bulan pada 16 Juni 2011 lalu adalah, ini gerhana bulan terlama sepanjang sejarah. Selama 100 menit, orang bisa melihat berbagai tahap perubahan warna gerhana bulan total tersebut. Lamanya periode gerhana ini disebabkan oleh posisi bulan dekat dengan pusat bayangan bumi.

Menurut peneliti Lapan, Thomas Djamaluddin, lama gerhana bulan bergantung pada jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi dan jarak bulan terhadap bumi. Selain durasinya yang lama, informasi tentang gerhana bulan kali ini banyak dicari orang karena gerhana tersebut bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali.

Sebenarnya tidak ada dampak berarti dari gerhana bulan total selain pasang laut mencapai ketinggian maksimum. Pencarian akan gerhana bulan juga dipusatkan pada lokasi dan jam paling tepat untuk melihat berbagai perubahan warna bulan, terutama saat bulan berwarna merah darah.

Selain itu gerhana bulan di Indonesia juga kembali terjadi pada bulan Desember 2011 lalu.

 

Penipuan SMS




Peristiwa ini menbuat Polisi Indonesia akhirnya menangkap sekitar 177 orang asing yang berasal dari Taiwan dan Cina atas tuduhan penipuan lewat pesan pendek (SMS). Modus mereka adalah dengan berpura-pura menjadi ibu si penerima pesan pendek dengan nomor sementara, kemudian meminta penerima SMS untuk mengirimkan pulsa ke nomor tersebut.

Dengan adanya 220 juta nomor ponsel di Indonesia, sudah pasti modus kriminal ini meresahkan para penerima SMS. Untuk urusan satu ini, polisi ternyata cukup cepat bertindak. Mabes Polri bekerjasama dengan Polda Metro Jaya melakukan penangkapan secara maraton di 15 tempat di Jabodetabek. Menurut polisi, mereka menindaklanjuti permintaan penangkapan dari polisi Cina dan Taiwan.

Para pelakunya ditangkap di Jalan Kana 2 No.17 Sektor III.3, Cluster Puspitaloka BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Polisi tidak benar-benar mengatakan bahwa merekalah para pengirim SMS "mama minta pulsa", tapi hanya menyatakan bahwa modus para pelaku ini mirip. Ada yang mengatasnamakan pemerintah Taiwan atau malah sampai mengaku sebagai Kapolsek baru dan meminta uang.

Meski polisi berhasil mengamankan para pelaku pengirim SMS penipuan ini, tapi pulsa para pengguna telepon seluler di Indonesia ternyata belum aman. Pulsa mereka malah terpotong oleh penyedia layanan SMS premium yang leluasa beroperasi tanpa izin dan sepengetahuan pelanggan.

 

Wabah Ulat Bulu




Pada tahun 2011, berbagai wilayah di Indonesia terkena bencana berupa wabah ulat bulu. Dalam jumlah besar mereka memenuhi tanaman dan pepohonan di Probolinggo, Malang, Denpasar, Pasuruan, Jombang, Bandung, Yogyakarta, sampai Bekasi.

Ulat bulu merusak tanaman dan berpotensi menyebabkan gatal-gatal pada manusia. Langkah pembasmian menggunakan pestisida pun kemudian dilakukan. Padahal ini ternyata menimbulkan efek samping, karena dianggap sebagai langkah instan dan kurang tepat dalam jangka panjang untuk mengatasi wabah ulat bulu.

Penyebab kemunculan ulat bulu ternyata berhubungan dengan kelestarian alam. Profauna Indonesia menyebutkan, perburuan liar yang dilakukan secara besar-besaran terhadap burung liar (sebagai komoditas perdagangan) menjadikan populasi pemakan ulat ini menurun. Sehingga, ulat-ulat tersebut bisa berkembangbiak dengan leluasa karena musuh utamanya sudah tidak ada.

Selain karena berkurangnya predator yang memakan ulat bulu, peningkatan rata-rata suhu udara juga ikut berpengaruh. Siklus hidup dan berkembangbiaknya ulat bulu menjadi lebih cepat akibat udara hangat. Wabah ulat bulu bukanlah kejadian pertama, tapi ini yang paling mencolok karena hamanya terlihat jelas. Sebelumnya, malah tanaman cabai se-Jawa layu menguning akibat serangan hama tanaman.

 

Nikah Massal Senayan



Sebanyak 4541 pasangan menikah secara massal pada Juli 2011 lalu di Istora Senayan, Jakarta. Mereka berasal dari kelompok agama yang berbeda, terdiri dari 3112 pasangan beragama Islam, 1248 dari Kristen Prostestan, 96 Katolik, 25 Buddha, 12 Hindu, serta 8 Konghucu.

Acara pernikahan massal bagi penduduk miskin ini diadakan oleh sebuah stasiun televisi lokal dan diklaim sebagai acara serupa dengan jumlah peserta terbesar di dunia. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pun memberikan pernyataan tertulis. "Kegiatan ini tidak hanya membantu pasangan tidak mampu untuk mendapatkan legalitas status pernikahan mereka. Namun lebih dari itu, kegiatan ini merupakan bentuk perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat dalam memperoleh hak sipilnya sebagai warga kota Jakarta."

Karena tingginya pungutan di berbagai proses birokrasi negeri ini, wajar jika surat-surat resmi menjadi sebuah kemewahan tersendiri bagi penduduk miskin kota. Padahal, untuk menjadi tercatat dan diakui oleh negara adalah sebuah hak.

Mereka yang berpartisipasi dalam pernikahan massal ini tidak semuanya pasangan baru. Beberapa ada yang sudah menikah, tapi belum memiliki buku nikah hanya karena mahalnya mengurus birokrasi standar.

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..