Friday, May 4, 2012

10 Hal Yang Dilakukan Setelah Membuat Wordpress

oleh Anggit Tinarbuka AW

Saat ini penggunaan blog telah banyak digemari para pengguna internet selain situs-situs media sosial yang digandrungi. Penyedia jasa blog juga telah banyak dan salah satunya adalah Wordpress. Wordpress memiliki beberapa kelebihan tentunya serta mudah digunakan bagi para pemula yang ingin tidak ribet dalam mengolah blog (yang dimaksud adalah blog yang gratis).

Wordpress menyediakan beberapa fitur atau layanan yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan blog yang tersedia dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Bahkan anda juga dapat membuat blog wordpress secara offline di komputer/laptop tanpa harus online.

Berikut seperti yang disajikan dalam web resmi wordpress, beberapa hal yang dilakukan setelah kita menginstall wordpress. Dalam rekomendasi ini mungkin lebih kepada blog yang dibuat secara gratis dari situs wordpress sendiri. Walaupun begitu tetapi secara umum juga bisa digunakan untuk lainnya. Adapun ke-10 hal tersebut antara lain:

1. Ubahlah Password Admin dan Kelola Pengguna (Author)

Setelah anda login dalam blog wordpress untuk pertama kali, hal yang dapat dilakukan adalah mengganti password / kata sandi admin. Wordpress memberi kita password awal acak yang mungkin agak sulit untuk kita ingat. Untuk itu lebih baik kata sandi kita set sendiri yang sesuai dengan keinginan pribadi serta mudah untuk diingat.

Pada pilihan pengguna (Author) pilih profil anda. Dalam bagian ini dapat anda masukkan detail profil anda. Untuk merubah kata sandi ketikkan kata sandi baru dan selesaikan dengan klik perbarui profil (update profile).

Di menu pengguna (author) ini pula dapat anda tambahkan pengguna lain yang akan mengoperasikan blog anda.

2. Mengedit / Mengatur Permalinks

Permalinks adalah dalam bahasa mudahnya alamat tulisan / artikel nantinya yang akan muncul / diakses para pengunjung. Ada beberapa bentuk permalinks dari tulisan yang kita buat misalnya seperti ini http://tinarbuka-aw-blog.co.cc/?p=396. Bentuk permalinks seperti ini bagi kebanyakan orang mungkin dianggap tidak kreatif dan sederhana, walaupun lebih ringkas. Anda bisa mengganti bentuk permalinks ini pada semua tulisan anda yang akan di publish di bagian Pengaturan (setting).

Pada menu Pengaturan (setting) > Permalinks.

Terdapat beberapa pilihan tampilan bagi permalinks blog anda. Atau dapat juga dengan mendesain sendiri tampilannya.

Dan jangan lupa untuk menyimpannya setelah selesai.

3. Unggah Tema Blog Baru

Wordpress banyak akan pilihan tema-tema (themes) yang dapat dipilih. Caranya pun mudah tinggal memilih tema di menu Tampilan (appearance) > Tema. Dari pilihan tema ini dapat di preview dan setelah itu diaktifkan untuk menjadi tema blog anda.

Selain itu biasanya setelah anda memilih tema yang diinginkan, dapat juga dilakukan pengaturan tampilan lain seperti widget, menu, dll.

Selain dengan memilih tema, anda juga bisa mengunggah (upload) tema blog lainnya atau tema blog buatan pribadi. Tinggal unzip dan upload ke wp-content > themes.

4. Menambah Kategori dan Mengubah Setelan Umumnya

Blog wordpress memiliki kategori defaultnya yaitu ‘Uncategorized’ dan ini dapat kita ubah.

Kondisi default ini membuat tulisan / postingan kita apabila lupa memberikan kategori tulisan secara otomatis dimasukkan dalam kategori ‘uncategorized’. Setidaknya dapat kita ubah dengan kategori yang lain agar terlihat sedikit aneh.

Masuk menu posts > categories

Klik pada ‘uncategorized’ untuk mengeditnya dan ubah dengan nama lain yang dikehendaki.

5. Mengaktifkan Akismet

Akismet adalah salahsatu dari sekian banyak plugin yang memiliki kegunaan yang sayang untuk dilewatkan, yaitu memblok komen-komen spam. Apabila kita telah memulai blogging, sangat banyak sekali komen-komen spam yang berdatangan entah darimana yang isinya aneh-aneh dan seolah meyakinkan. Jika tidak kita proteksi maka blog kita akan dipenuhi dengan komen-komen ini dan you’re going to get spammed.

Tidak perlu repot-repot karena plugin ini biasanya telah tersedia di Menu Plugin blog wordpress. Anda tinggal mengaktifkannya.

Dan untuk menyelesaikan aktivasi memerlukan API key. Bisa didapatkan dengan registrasi di WordPress.com lalu lihat di profile.

Setelah itu masukkan API key tadi di Plugins > Akismet Configuration.



6. Install Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps menghasilkan XML-Sitemap untuk situs Anda, yang memungkinkan mesin pencari utama (Google, Yahoo, Ask, MSN) untuk dengan mudah mengindeks situs Anda. Setiap kali Anda mengedit atau menambahkan posting, sitemap akan memodifikasi sendiri.
Click here for Google XML Sitemaps plugin.

Kunjungi Google Webmaster Central dan log in dengan Account Google Anda. Pada halaman pertama, akan ada link ke "Verifikasi" situs Anda. Ikuti petunjuk di sana.
Setelah itu selesai, Anda kemudian dapat mengklik tombol link "Add Sitemap" dari halaman pertama dan masukkan dalam URL sitemap Anda, seperti http://www.yoursite.com/sitemap.xml

7. Install Wordpress Backup Database

Selalu siap dengan backup data merupakan hal yang baik apabila tiba-tiba terjadi error di server atau kesalahan lainnya.

WordPress Database Backup akan backup blog Anda, dan Anda bahkan dapat mengaturnya sehingga akan ada email backup setiap minggu, sehingga hanya tinggal mengaktifkannya saja.
Click here for WordPress Database Backup plugin, atau guide to automatic backups .

8. Tes Blog Anda Dengan Dummy Content

Pertama kali tentu kita tidak tahu tampilan blog kita akan seperti apa ketika telah kita setting dan posting sesuatu sampai kita mengetesnya dengan beberapa posting dan segala jenis format.

Anda bisa menggunakan sample post collection from WP Candy

Impor koleksi postingan blog dengan (Tools> Impor> Wordpress) dan blog Anda akan mengkompilasi postingan termasuk komentar, kategori dan formating.

9. Menambah RSS feed pada Feedburner

Pertama edit dulupengaturan RSS.

Setting (Pengaturan) > Reading dan anda dapat mengedit berapa banyak posting yang ingin ditampilkan di RSS feed Anda dan apakah harus menunjukkan posting lengkap atau tidak.
Feedburner akan memberikan statistik pada feed Anda dan secara otomatis ping layanan sehingga konten-kontan baru blog anda diperbarui segera.
Setelah Anda telah mendaftar ke Feedburner, ubah link feed langganan Anda dalam tema Anda.

10. Mengaktifkan Analytics

Melacak pengguna blog anda dan traffic. Bisa menggunakan Google Analytics. Layanan lain analitik yang tersedia termasuk Mint dan StatCounter
Tambahan: Setting Opsional
Berikut adalah opsional yang dapat dilakukan.

Mengubah ukuran gambar Media

Mengubah ukuran gambar blog disesuaikan dengan keinginan dan ukuran area konten Anda.
Pengaturan> Media

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..