Friday, May 4, 2012

Doa: Bacaan Surat Al Baqarah

oleh Anggit Tinarbuka AW

Bacaan: Surah Al Baqarah (2)

" (1) Alif laam miim. (2) Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (3) (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. (4) dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. (5) Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. "


Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud r.a bahwa rasulullaah bersabda:


"Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari surat Al Baqarah di permulaan siang, maka ia tidak akan didekati oleh setan sampai sore. Dan jika membacanya sore hari, maka ia tidak akan didekati oleh setan sampai pagi hari dan ia tidak akan melihat sesuatu yang dibenci pada keluarga dan hartanya."


Diriwayatkan pula dari Ibnu Mas'ud r.a bahwa Nabi s.a.w bersabda:


"Barangsiapa membaca sepuluh ayat; empat ayat dari awal surat Al Baqarah, ayat kursi dan dua ayat sesudahnya, serta ayat-ayat terakhir dari Al Baqarah, maka rumahnya tidak akan dimasuki setan sampai pagi."


Dalam satu riwayat lain disebutkan bahwa dia dan keluarganya tidak akan didekati syaitan dan apa yang dibencinya ( binatang buas seumpamanya ). Dan tidaklah ayat ini jika bicakan kepada orang gila akan membuatkannya sadar.

Adapun keagungan dari surah Al Baqarah lainnya;


1. Rumah terbebas dari datangnya syaitan

Imam Ahmad, at-Tirmidzi, Muslim dan An-Nasa-I meriwayatkan dari Suhail bin shalih, dari ayahnya, dari abu hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“ Janganlah kamu menjadikan rumah kamu sebagai kuburan, sesungguhnya rumah yang di bacakan Surah Al Baqarah tidak akan dimasuki syaitan “


2. Malaikat senang dengan bacaan surah Al baqarah

Al Bukhari meriwayatkan dari Al-laits, dari yazid bin Al-Haad, dari Muhammad bin Ibrahim, dari Usaid bin Hudhair :

“ Pada suatu malam dia membaca surah Al-Baqarah sementara kudanya ditambat berhampiran dengannya. Tiba-tiba kudanya itu pun berputar-putar. Ketika Usaid berhenti membaca, kudanya itu pun kembali tenang. Kemudian Usaid membacanya kembali dan kudanya itu pun kembali bergerak dan berputar-putar. Tatkala dia berhenti membaca, kudanya kembali diam. Kemudian dia membacanya lagi, kudanya itu pun bergerak dan berputar-putar. Maka dia pun berhenti membacanya sedangkan puteranya Yahya berada berhampiran kuda tersebut. Oleh karena merasa bimbang dan kasihan jika kuda itu akan memijak anaknya, dia pun mengambil anaknya seraya penglihatannya mengadap ke langit dan dia melihat satu bayangan putih (berkelip-kelip ) sampai dia tidak melihatnya lagi.


Ketika pagi menjelang, dia pun menceritakan perihal tersebut kepada Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda :

“Tahukah engkau apa itu “ Tanya Rasulullah. “ Tidak “ Jawabnya.


Beliau pun bersabda “ itulah malaikat yang mendekatimu untuk mendengar suara bacaanmu. Seandainya kamu terus membacanya (sampai pagi ), nescaya pagi ini manusia akan dapat melihatnya tanpa terhalang."


3. Mendapatkan Syafaat di Padang Mahsyar

Surah Al baqarah dan surah Ali’- Imran dipanggil surah az-Zahrawain yang apabila dibaca akan mendapat syafaat di padang mahsyar kelak. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Umamah, dia berkata:

“ Aku pernah memdengar Rasulullah bersabda: “ Bacalah Al-Quran karena Al-quran itu akan memberi syafaat kepada pembacanya di Akhirat kelak. Dan bacalah az-Zahrawain yaitu Surah Al-Baqarah dan Ali’-Imran, karena kedua surah itu akan datang pada hari kiamat, seolah-olah keduanya bagai tumpukan awan, atau 2 bentuk payung yang menaungi, atau dua kelompok burung yang mengembangkan sayapnya. Keduanya akan berdalih untuk membela pambacanya di hari kiamat. “


4. Terkabulnya Doa

Ibnu Abbas r.a. bercerita: Pada suatu ketika Malaikat Jibril berada disisi Nabi Muhammad s.a.w., tiba-tiba terdengar suara dari atas, maka ia mengangkat kepalanya dan berkata: “Ini sebuah pintu dilangit, pada hari ini dibuka dan turun seorang malaikat memberi salam dan berkata:

“Bergembiralah dengan dua cahaya penerangan yang diberikan oleh Allah s.w.t. kepadamu dan belum pernah diberikan kepada seseorang Nabi sebelum kamu iaitu: FATIHUL KITAB dan akhir SURAH AL-BAQARAH. Tiada engkau membaca suatu huruf daripadanya melainkan pasti permintaanmu diberi.” (HR Muslim)


 

Sumber referensi:

Al qur'an

Al Ma'tsurat Hasan Al Banna

Tafsir Ibnu Katsir