Friday, May 4, 2012

Doa: Bacaan Ta'awwud

oleh Anggit Tinarbuka AW

Bacaan:


A'uudzu billahis Samii'il 'Aliimi minasy syaithaanir rojiim

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk."


Allah Azza wa Jalla berfirman:

"Maka jika kamu membaca Al qur'an, mintalah perlindungan pada Allah dari godaan setan yang terkutuk." (An Nahl:98)


Diriwayatkan oleh Ibnu Suni dari Anas radhiyallaahu 'anha dari Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:

"Barangsiapa di waktu pagi mengucapkan, a'uudzu billahis sami'il 'alimi...., dia akan di bebaskan dari gangguan setan hingga sore."


 


Bacaan:


Bismillaahir Rahmaanir Rahiiim


"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."


Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan yang lainnya dengan sanad dari Ubai bin Ka'ab dari Nabi Muhammad Shallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:


"Setiap perkara penting yang tidak diawali dengan Basmallah, maka perkara itu terputus" Artinya perkara itu terputus dari rahmat Allah


Hadis ini merupakan perkataan nabi yang sederhana tetapi memiliki kandungan yang sangat besar. Disebutkan bahwa perkara seseorang terputus dari rahmat Allah. Siapa yang tidak menginginkan rahmat dari Allah? Segala makhluk di langit dan di bumi senantiasa mendapatkan rahmat Allah, apabila tidak maka kita termasuk makhluk yang celaka.


Rahmat Allah meliputi apa yang dikehendakinya, apa yang diturunkan dari langit dan apa yang diberikan di bumi, apa yang kita dapati di dunia dan apa yang kita dapatkan di akhirat kelak. Oleh karena itu mulailah setiap kegiatan kita dengan basmallah dan insyaallah akan diberikan berkah, rahmat, perlindungan, kemudahan dan kasih sayangnya. Dan juga dengan dimulai dengan basmallah berarti menjadi niatan ibadah kita yang akan diberikan pahala oleh Allah. Tidak peduli apakah pahala itu besar atau kecil tergantung keikhlasan hati kita, akan tetapi bagi kita manusia yang selalu khilaf dan berdosa, pahala kecil tersebut sangatlah bermakna sebagai penyelamat timbangan kita kelak. Amin


Wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..