Thursday, August 2, 2012

Hebatnya Sedekah (Kumpulan Dalil Tentang Sedekah) Bag. Satu

oleh Anggit Tinarbuka AW

Sedekah adalah menyisihkan sebagian harta benda yang kita miliki untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkannya. Siapa saja yang bisa menjalankan sedekah dengan ikhlas akan mendapatkan balasan yang setimpal, bahkan balasan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat lebih baik.

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al Baqarah [2]:267)


“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah [2]:261)


“Barangsiapa yang menginfaqkan kelebihan hartanya di jalan Allah SWT maka Allah akan melipatgandakan dengan tujuh ratus (kali lipat). Dan barangsiapa yang berinfaq untuk dirinya dan keluarganya, atau menjenguk orang sakit, atau menyingkirkan duri, maka mendapatkan kebaikan dan kebaikan dengan sepuluh kali  lipatnya. Puasa itu tameng selama ia tidak merusaknya. Dan barangsiapa yang Allah uji dengan satu ujian pada fisiknya, maka itu akan menjadi penggugur (dosa-dosanya).” (HR. Ahmad)


“Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi sedekah.” (HR. Ibnu Majah)


“Janganlah kalian menganggap remeh satu kebaikan pun. Jika ia tidak mendapatkannya, maka hendaklah ia ketika menemui saudaranya, ia menemuinya dengan wajah ramah, dan jika engkau membeli daging, atau memasak dengan periuk/kuali maka perbanyaklah kuah dan berikanlah pada tetanggamu dari padanya.” (HR. Tirmidzi)


Abu hurairah r.a. berkata bahwa Nabi SAW bersabda,


“Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satu berkata, “Ya Allah, berilah pahala kepada orang yang menginfaqkan hartanya.” Kemudian malaikat yang satu berkata, “Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (Muttafaq ‘Alaih)


Dari Abu Umamah r.a., sabda Nabi SAW,


“Wahai anak adam, seandainya engkau berikan kelebihan dari hartamu, yang demikian itu lebih baik bagimu. Dan seandainya engkau kikir yang demikian itu buruk bagimu. Menyimpan sekadar untuk keperluan tidaklah dicela dan dahulukanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu.” (HR. Muslim)


Sabda Nabi lainnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., pernah seseorang bertanya kepada Nabi SAW,

“Ya Rasulullah sedekah yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya?” Rasulullah SAW bersabda, “ Bersedekah pada waktu sehat, takut miskin, dan sedang berangan-angan menjadi orang kaya. Janganlah kamu memperlambatnya sehingga maut tiba, lalu kamu berkata, ‘Harta untuk si Fulan sekian, dan untuk si Fulan sekian padahal harta itu telah menjadi miliki si Fulan (ahli waris).” (HR. Bukhari Muslim)


“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah SWT akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah SWT, Allah SWT akan mengangkat (derajatnya).” (HR.Muslim)


 

Sumber Referensi:

Al Qur’an Al Kariim

Hadits

Hadits Qudsi

Ypuarrukh.wordpress.com

 

Hebatnya Sedekah (Kumpulan Dalil Tentang Sedekah) Bag. Satu

Hebatnya Sedekah (Kumpulan Dalil Tentang Sedekah) Bag. Dua

2 comments:

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..