Tuesday, March 5, 2013

Bahayanya Menahan Bersin



Kecepatan bersin yang dimiliki oleh manusia adalah 161 km/jam sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Walaupun terkesan agak melebih-lebihkan tetapi hal ini tentu saja dapat mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan tubuh malah masuk kembali.


Bersin merupakan kegiatan positif yang dilakukan oleh mekanisme tubuh kita secara refleks. Perlu kita ketahui bersama bahwa segala sistem yang terjadi dalam tubuh kita ini begitu sempurna dan harmonis, yang diciptakan bagi kita.  Tubuh dengan segala fungsi dan sitem didalamnya tidak mengijinkan segala bahaya berada dalam tubuh.



Dalam hal ini, bersin sebenarnya berfungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorokan) dan ini adalah hal yang baik. Sedangkan menahan bersin justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa resiko antara lain:
-          Menyebabkan patah tulang rawan hidung.
-          Mimisan
-          Pecah gendang telinga
-          Gangguan pendengaran
-          Vertigo
-          Retina terlepas atau mengalami emfisema.


Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin. Cidera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.


Walaupun kelihatan hal sepele, tetapi tentu lebih baik sedia payung sebelum hujan. Jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..