Friday, March 8, 2013

Internet-Donation (I-Donation)

Dari Abu Umamah r.a., sabda Nabi SAW, “Wahai anak adam, seandainya engkau berikan kelebihan dari hartamu, yang demikian itu lebih baik bagimu. Dan seandainya engkau kikir yang demikian itu buruk bagimu. Menyimpan sekadar untuk keperluan tidaklah dicela dan dahulukanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu.” (HR. Muslim)

Mari saudara-saudaraku sekalian, tidak ada halangan bagi kita semua untuk melakukan amal kebaikan terutama sedekah. Berlomba-lombalah kita semua dalam hal kebaikan walaupun itu sekecil apapun sepele apapun. Karena sebetulnya semua perbuatan akan ada balasan dan itu semua kembali kepada kita.
Rasulullah beserta para pengikutnya mengajarkan kita untuk bersedekah baik diwaktu lapang maupun sempit, baik kepada keluarga maupun orang-orang disekitar kita, baik karena kita diberi rezeki yang berlimpah atau tidak, baik dengan cara terang-terangan maupun diam-diam.



Internet Donation / I-Donation mengajak dan mengingatkan kepada para saudara muslimin dimanapun untuk dapat berdonasi/bersedekah. Dengan kemajuan teknologi, maka syiar Islam pun akhirnya juga dapat berkembang secara luas. I-Donation memfasilitasi saudara-saudara sekalian untuk dapat menyisihkan sebagian rezeki yang dimilikinya untuk dapat disumbangkan kepada saudara-saudara, yayasan, pesantren, sekolah, lembaga bahkan sebuah bangsa yang  membutuhkan. Pihak penerima sumbangan ini kita sebut MUSTAHIQ. I-Donation mengusung motto bahwa sedekah itu mudah.
Saat ini I-Donation baru bekerjasama dengan El-Syadiy Islamic Musictainment yang mendukung adanya I-Donation. Bagi pihak-pihak yang ingin bekerjasama dan memberi bantuan dapat langsung menghubungi kontak yang tersedia.

LANDASAN PEMIKIRAN I-DONATION
  
Landasan pemikiran dan sistem I-Donation didasarkan pada dalil-dalil tentang sedekah di dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Dengan menggunakan pendekatan teknologi internet dan internet banking maka diupayakan langkah menyalurkan sedekah dengan mempermudah pihak donatur. Pengguna dan pengakses internet yang semakin banyak ini menumbuhkan semangat untuk memanfaatkan internet dan memfasilitasi para pengguna internet untuk beramal.

SISTEM KERJA I-DONATION
I-Donation dengan motto sedekah itu mudah, sedang dalam tahap awal menggunakan metode teknologi internet ini, semoga dapat semakin diterima dan berkembang atas ijin Allah Swt. Adapun sistem saat ini sbb:
·        Anda mengirim teks pesan (SMS) kepada customer service dengan format sesuai layanan.
·         Pilihan layanan:
o   PRIBADI : Ketik IDON (spasi) PRIBADI kirim ke 085 640 667 433
Anda mengirim donasi uang secara pribadi langsung kepada nomor rekening tujuan. Oleh customer service anda akan dikirimi melalui SMS, nomor rekening dari beberapa MUSTAHIQ. Kemudian anda silahkan mengirim sendiri kepada nomor rekening tadi.
o   DONASI : Ketik IDON (spasi) DONASI kirim ke 085 640 667 433
Anda mengirim donasi uang dengan mempercayakan kepada kami penyaluran dari donasi tersebut. Oleh customer service anda akan dikirimi melalui SMS, nomor rekening dari I-Donation. Kemudian I-Donation akan menyalurkan donasi tersebut kepada MUSTAHIQ yang yang terpilih. Setelah tersalurkan, anda akan dikirimi SMS konfirmasi.
o   SENDIRI : Ketik IDON (spasi) SENDIRI kirim ke 085 640 667 433
Anda mengirim donasi kepada I-Donation untuk dipergunakan dan dimanfaatkan bagi kepentingan dan keperluan operasional I-Donation. Oleh customer service anda akan dikirimi melalui SMS, nomor rekening dari I-Donation. Setelah diterima, anda akan dikirimi SMS konfirmasi.
·         I-Donation tidak menerima donasi secara langsung berbentuk fisik, karena tidak sesuai dengan konsep donasi yang dijalankan yaitu menggunakan fasilitas internet dan internet banking.
·        Sistem kerja I-Donation seperti ini dipilih untuk meminimalisir dan menghindari adanya upaya-upaya penipuan dsb.


DALIL-DALIL TENTANG SEDEKAH
Sedekah adalah menyisihkan sebagian harta benda yang kita miliki untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkannya. Siapa saja yang bisa menjalankan sedekah dengan ikhlas akan mendapatkan balasan yang setimpal, bahkan balasan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat lebih baik.
“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al Baqarah [2]:267)
Nabi pun dalam hadits nya mengajarkan kita untuk bersegera dalam sedekah
Sabda Nabi lainnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., pernah seseorang bertanya kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah sedekah yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya?” Rasulullah SAW bersabda, “ Bersedekah pada waktu sehat, takut miskin, dan sedang berangan-angan menjadi orang kaya. Janganlah kamu memperlambatnya sehingga maut tiba, lalu kamu berkata, ‘Harta untuk si Fulan sekian, dan untuk si Fulan sekian padahal harta itu telah menjadi miliki si Fulan (ahli waris).” (HR. Bukhari Muslim)
“Janganlah kalian menganggap remeh satu kebaikan pun. Jika ia tidak mendapatkannya, maka hendaklah ia ketika menemui saudaranya, ia menemuinya dengan wajah ramah, dan jika engkau membeli daging, atau memasak dengan periuk/kuali maka perbanyaklah kuah dan berikanlah pada tetanggamu dari padanya.” (HR. Tirmidzi)
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah [2]:261)
Demikian tadi dalil yang menjelaskan tentang dahsyat dan kemuliaan bersedekah. Sedekah ini adalah perkara yang gaib. Dari Allahlah semua nikmat yang kita dapatkan berasal. Oleh karena itu, sedekah ini apabila dipikir secara rasional atau dihitung dengan perhitungan matematis, tidak akan  bisa. Seperti halnya bentuk peribadatan yang lain pula, kita diperintahkan untuk menjalankannya tanpa harus berpikir mengapa harus dilakukan dsb. Baru kemudian dapat kita rasakan faedah dan keagungan dibalik itu semua.

KONTAK I-DONATION

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar I-Donation, mengajukan pertanyaan dan hubungan kerjasama lainnya, bisa dengan menghubungi kami di:
 
Telp. : 085640 667433
Facebook : El.Shadiy

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..