Tuesday, March 5, 2013

Keuntungan Menjadi Vegetarian

Dapat ditemui diantara kita, beberapa orang yang menganggap diri mereka vegetarian dengan hanya mengkonsumsi makanan selain daging. Entah itu memang mereka memiliki alergi atau dengan tujuan tertentu memilih untuk menjadi seorang vegetarian. Adapun mengenai pengertian vegetarian, pasti anda sudah memahaminya oleh karena itu yang menjadi bahasan kali ini adalah  keuntungan dengan menjadi vegetarian.

Seperti yang telah ditulis di sebuah artikel di Antaranews.com. Seorang vegetarian juga memiliki 5 (lima) keuntungan dari ini.

Keuntungan pertama dengan menjadi vegetarian adalah memiliki perut yang sehat. Dengan memakan banyak sayuran dan buah berarti semakin banyak serat yang dikonsumsi, sehingga akan menjaga usus besar tetap bersih.

Selain itu, nutrisi dari sayur dan buah sangat baik untuk perut, karena merupakan sumber asam amino yang sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Selain baik untuk perut, menjadi vegetarian juga bisa menjauhi tubuh dari lemak jahat. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, menjadi vegetarian dapat membuat tekanan darah tetap dalam batas aman dan jantung juga selalu dalam kondisi sehat. 



Keuntungan ketiga dengan menjadi vegetarian adalah akan terhindar dari berbagai macam racun yang disebabkan oleh lemak hewani. Sama seperti manusia, daging hewan yang dikonsumsi terkadang memicu adrenalin untuk memproduksi steroid dan hormon stress. Hormon inilah yang akan dilepas di aliran darah. Saat dikonsumsi oleh manusia, ini akan berformasi menjadi racun yang kemungkinan dapat membahayakan tubuh.

Tidak hanya itu, hewan potong terkadang disuntik dengan hormon pertumbuhan dengan tuhuan agar memiliki daging lebih banyak. Hormon ini juga memicu terbentuknya berbagai penyakit saat dikonsumsi oleh manusia, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Keuntungan keempat adalah, dengan menjadi vegetarian berarti menurunkan risiko kanker. Pola makan vegetarian banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker.

Kelima, dengan menjadi vegetarian bobot tubuh lebih terjaga dan tetap ideal. Dengan menjadi vegetarian, terbukti dapat menurunkan bobot tubuh seseorang secara perlahan. Makanan vegetarian mampu membuat kenyang lebih lama sehingga terhindar dari rasa lapar, sehingga seseorang pun akan makan lebih sedikit.
Tetapi bagi anda yang bukan vegetarian, tetaplah pada pola menu makanan anda. Dengan tetap berpegang pada pola menu 4 sehat 5 sempurna dan pesan umum gizi seimbang (pugs).

No comments:

Post a Comment

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..