Tuesday, March 5, 2013

Perlunya Mematikan Lampu Saat Tidur



Begitu pentingnya istirahat bagi manusia hingga aktivitas ini memiliki aturan main pula. Betapa tidak, saat kita tidur, tubuh kita sebenarnya tidak beristirahat akan tetapi sedang melekaukan proses peremajaan dan detoksifikasi. Detoksifikasi dari segala toksin / racun yang diterima dan dikonsumsi tubuh setiap harinya. Sehingga apabila proses berharga ini terganggu tentu merupakan kerugian bagi kita, walaupun kita tidak menyadarinya. Lalu apa hal yang dapat menggangu aktivitas istirahat malam kita ini?


Hati-hatilah, anak-anak yang tidur dengan lampu menyala dapat berisiko mengidap leukimia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat yang disebut melatonin ini.



Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.


Sekali kita tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin ini menurun.