Tips Mengatasi Kompor Gas Nyala Sebentar Lalu Mati

KOMPOR GAS NYALA SEBENTAR

MENGATASI KOMPOR GAS NYALA SEBENTAR

Saat kompor gas tidak menyala karena indikator gas elpiji yang ada tiba-tiba saja habis. Ketika kompor gas nyala sebentar lalu kemudian mati. Jadi saat regulator dipasang regulator gas elpiji masih menunjukkan kalau gas elpiji nya terisi, tapi ketika kompor dihidupkan tiba-tiba saja regulator gas elpiji menunjukkan kalau gas elpiji nya habis. Padahal kalau dicek, gas elpiji nya masih ada isinya. Atau malah baru saja beli gas elpiji yang baru tapi tetap saja kompor gas hidup baru sebentar terus mati. Pernah ada yang mengalami masalah seperti ini kompor gas tidak menyala.


Ketika mengalami hal seperti ini jangan buru-buru beli gas baru, regulator baru atau kompor baru ya. Kita coba cek dulu masalah nya ada di mana baru kemudian kita perbaiki. Nah untuk itu kita coba cara mengatasi kompor gas nyala sebentar lalu mati kompor gas tidak menyala.


Setelah mencoba mencari referensi dan juga praktik sendiri ada solusi dari masalah tersebut yang sebenarnya mudah sekali. Padahal sudah sempat ganti gas elpiji, ganti regulator dan ganti karet gas elpiji tapi tetap saja kompor nyala sebentar lalu mati.


Yang pertama

Kemungkinan masalahnya ada di tonjolan regulator atau tonjolan gas elpijinya. Jadi ketika tonjolan regulator menekan tonjolan elpiji itu yang menyebabkan gas elpiji bisa keluar dan menyalakan kompor. Tetapi kalau tonjolannya tidak saling menekan, jadi gas elpiji tidak keluar dan kompor tidak nyala. Kenapa tonjolannya bisa tidak saling menekan, hal ini bisa karena tonjolan tersebut sudah mulai terkikis / aus karena sudah sering terpakai jadi maklum saja. Kalau regulatornya masih baru, berarti kemungkinan tonjolan di gas elpijinya yang sudah terkikis. Untuk itu kita perlu menghubungkan kedua tonjolan tersebut supaya saling menekan dengan cara menambahkan pengganjal supaya kedua tonjolan bisa saling bertemu. 


Untuk menambahkannya kita bisa pakai benda-benda yang ada di sekitar kita yang kira-kira bahannya dari plastik yang punya ketebalan sebagai pengganjal. Contohnya adalah karet ban bekas, karet gas atau tutup galon plastik. Silakan dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan lubang gas jangan terlalu besar (supaya tidak menutupi gas) dan jangan terlalu kecil (supaya tidak masuk ke tabung gas elpiji).


Setelah itu masukkan karet gas elpiji seperti biasa. Putar kenop regulator dan coba hidupkan kompor. Seperti itu saja caranya.


Yang Kedua

Kalau hal tersebut masih tidak bisa dan kompor gas nyala sebentar lalu mati atau kompor gas tidak nyala sama sekali. Berarti kemungkinan yang kedua adalah masalah di kompornya. Yaitu sambungan gas yang menghambat gas elpiji tidak sampai ke kompor. Untuk masalah itu yang pertama bisa ganti karet gas elpiji kita dan yang kedua adalah bersihkan kompor gas kita. Karena kompor sering dipakai tentu banyak kotoran-kotoran yang kemungkinan menyumbat yang menggangu kerja kompor. Silakan coba untuk membersihkan kompor gas tersebut.


Nah itu cara singkat dan mudah ketika kompor gas nyala sebentar lalu mati atau kompor gas tidak menyala. Semoga bisa membantu


Anggit Tinarbuka

Tag: kompor gas di rumah tidak nyala, kompor gas nyala sebentar lalu mati, indikator gas elpiji yang ada tiba-tiba saja habis, kompor gas hidup terus sebentar mati, cara mengatasi kompor gas tidak menyala, cara memperbaiki kompor gas, cara memperbaiki kompor gas api kecil, cara mengatasi kompor gas api kecil, cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala, cara perbaiki kompor gas, memperbaiki kompor gas, cara memperbaiki kompor, cara perbaiki kompor gas tidak menyala, perbaiki kompor gas tidak menyala, cara memperbaiki kompor gas rinnai yang tidak menyala, kompor gas tidak menyala

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url