Monday, February 14, 2011

Kumpulan Teka-Teki Sederhana

oleh Anggit Tinarbuka AW



Bermain teka-teki sangatlah menyenangkan serta lumayan manjur untuk mengurangi sedikit ketegangan atau melepas penat. Saat bermain teka-teki cenderung otak kanan kita yang bekerja dan merespon sehingga otak kiri yang sebelumnya telah lelah bekerja sedikit demi sedikit menjadi rileks lagi. Begitulah metode yang sering digunakan pada waktu icebreaking atau relaksasi di dalam suatu kegiatan, tak jarang digunakan pula gerakan-gerakan yang digunakan dengan tujuan yang sama untuk mengurangi beban dan merefresh pikiran ataupun dengan hal-hal yang mengundang tawa. Bagi beberapa orang yang memiliki IQ tinggi, perhitungan logika mereka sangat berbeda dari orang biasa. Dikabarkan bahwa Albert Enstein pernah membuat suatu pertanyaan kompleks yang dipercaya hanya sedikit orang  yang dapat memecahkannya. Wah patut dicoba. Hehehe..



Teka-teki sangatlah beragam, ada yang bisa membutuhkan konsentrasi, bantuan logika, pendengaran dan penglihatan yang teliti maupun sekedar iseng saja, seperti saat bermain tebak-tebakan dengan teman sebaya yang aneh-aneh dan terkadang gayus jayus. Hehehe..

Berikut beberapa teka-teki dan logika sederhana yang telah dipecahkan sebelumnya. Masih dalam kategori yang mudah untuk diselesaikan. Selamat mencoba..



-------------------------

Permisalan Pertama:

Dalam suatu perlombaan lari yang diikuti oleh 10 orang. Anda ikut berlomba dan dan setelah bersusah payah akhirnya menyalip orang di posisi nomor dua. Di posisi berapa anda sekarang ini?

-------------------------

Permisalan Kedua:

Ada seseorang yang bisu pergi ke  sebuah toko dan ingin membeli mie instant. Dia pun menunjukkan bagaimana orang sedang memakan mie kepada penjaga toko sehingga penjaga toko pun mengerti apa yang diinginkan orang tersebut dan berhasil membeli mie instant. Kemudian ada seseorang yang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kecap manis, bagaimana dia menunjukkan keinginannya?

-------------------------

Permisalan Ketiga:

Jika Anton berkendara dengan mobil X dari kota A ke kota B dengan kecepatan tetap 65 km/jam. Dan pada waktu yang bersamaan Bari berkendara mobil yang sama dari kota B ke kota A dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Kemudian apabila keduanya bertemu, siapakah yang lebih dekat dengan kota A disaat itu?

------------------------

Permisalan Keempat:

Sebuah keluarga memiliki 5 orang anak. Kelima putri Ayah Fany adalah 1. Fafa, 2. Fifi, 3. Fefe, 4. Fofo. Kira-kira siapa nama anak kelimanya?

-----------------------------

Permisalan Kelima:

Ada dua orang kakak adik. Apabila umur mereka dijumlahkan adalah 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Kira-kira berapakah umur mereka masing-masing?

-------------------------------

Demikianlah.. Bagi yang  ingin tantangan silahkan mencari bahan-bahan lainnya..

Cerdaslah senantiasa negeriku..

=====================

Read this article in English

3 comments:

Beri Komentar...
Jangan lupa klik iklan-iklan blog ini..