Penting! Username Aplikasi Pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama

Aplikasi Pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama

USERNAME PEMERINGKATAN BUMDES

BUMDes dan BUMDes Bersama memiliki peran yang sangat strategis tentunya dalam pengembangan ekonomi lokal karena berperan dalam menggerakkan produktivitas perekonomian desa dan melakukan kegiatan usaha masyarakat. Dalam target RPJM secara kuantitatif pemerintah diamanatkan untuk mengembangkan BUMDes dan BUMDes Bersama dilihat dari status perkembangannya. Dimana target Bumdes dengan status berkembang yang tadinya 5.000 pada tahun 2019 diharapkan bisa mencapai 10.000 Desa pada tahun 2024 nanti. Kemudian Bumdes maju dari 600 diharapkan bisa mencapai 1.800 pada tahun di 2024. Sementara itu target untuk perkembangan Bumdes Bersama akan meningkat dari menjadi maju mencapai 100. Untuk kedudukan BUMDes dan BUMDes Bersama ini semakin dikuatkan dengan pemberian status Badan Hukum melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta kerja. Kemudian diimplementasikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes yang diamanahkan kepada Kementerian Desa PDTT dengan menerbitkan Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, Pengadaan Barang dan atau Jasa BUMDes dan BUMDes Bersama


KETENTUAN PEMERINGKATAN BUMDES

Menjadi fokus bahwa pemeringkatan menjadi salah satu aspek penting dalam rangka pembinaan BUMDes dan BUMDes Bersama ini. Dengan meningkatnya status maka kita diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kelembagaan maupun mengembangkan dari sektor usaha nantinya. Aspek pemeringkatan ini akan dilihat dari beberapa aspek atau indikator yang akan dicapai yaitu dari sisi kelembagaannya, manajemennya, usaha BUMDes dan BUMDes Bersama, kerjasama atau kemitraan, aset dan permodalan, administrasi kemudian indikator keuntungan dan manfaat bagi desa dan masyarakat desa. Kaitannya dengan pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama terdapat 4 kelompok kategorisasi dimana masing-masing punya range nilai skor pada setiap klasifikasi tersebut.

Untuk nilai skor kurang dari 55, BUMDes dan BUMDes Bersama masuk dalam kategori Perintis. Nilai skor 55 sampai dengan 70, BUMDes dan BUMDes Bersama masuk dalam kategori Pemula. Nilai Skor 71 sampai dengan 85 BUMDes dan BUMDes Bersama masuk dalam kategori Berkembang dan nilai skor di atas 85 BUMDes dan BUMDes Bersama masuk dalam kategori Maju.

kategori pemeringkatan bumdes


APLIKASI PEMERINGKATAN BUMDES 

Tahun 2023 ini, sudah disusun sebuah aplikasi resmi dalam proses pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama ini melalui halaman pemeringkatan.kemendesa.go.id. Dalam proses pengisian pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama dalam aplikasi pemeringkatan BUMDes ini, diharapkan kegiatan usaha yang diinput dalam aplikasi difokuskan terhadap kategori atau jenis usaha yang paling dominan dijalankan oleh BUMDes dan BUMDes Bersama. Sehingga usaha yang utama tersebut yang akan diolah lebih lanjut untuk menentukan pemeringkatan BUMDes dan BUMDes Bersama nantinya. 

Aplikasi Pemeringkatan BUMDes

USERNAME APLIKASI PEMERINGKATAN BUMDES

Mengenai username untuk dalam aplikasi ini menggunakan username kode desa (bagi BUMDes) atau kode kecamatan (bagi BUMDes Bersama). Sedangkan untuk yang lain semisal Dinas, Koordinator serta pendamping menggunakan kode tambahan di depan kode wilayah. Misalnya provinsi itu kode tambahannya “DNS” ditambah kode provinsi/kabupaten, sedangkan koordinator “KOR” ditambah kode provinsi/kabupaten, untuk pendamping Desa “PDK” ditambah kode kecamatan dan pendamping lokal desa “PLD” ditambah kode kecamatan. Dalam proses pemeringkatan ini pendamping desa menjadi verifikator bagi data yang diinput oleh BUMDes dan BUMDes Bersama yang ada di wilayah kecamatannya. Sedangkan peran Dinas dan Koordinator bisa langsung mengakses aplikasi pemeringkatan BUMDes tersebut. Dalam halaman aplikasi selain username juga diminta untuk memasukkan password sebanyak 8 karakter, yang password dasarnya adalah 123456OK. Untuk username dan passwordnya ini diharapkan jangan sampai lupa sehingga buat password yang mudah diingat terdiri minimal 8 karakter kombinasi antara angka dan huruf.

Username Aplikasi Pemeringkatan BUMDes

Password Aplikasi Pemeringkatan BUMDes


Aplikasi pemeringkatan BUMDes ini belum belum terintegrasi dengan data yang ada di database pendaftaran badan hukum BUMDes dan BUMDes Bersama oleh karenanya diharapkan BUMDes dan BUMDes Bersama untuk mendaftar kembali di menu sebelah bawah kotak login yang tertera BUMDes (bagi pendaftaran BUMDes) dan BUMDesma (bagi pendaftaran BUMDesa Bersama). Setelah login diharapkan data harus diisi semua dengan lengkap.


Aplikasi Pemeringkatan BUMDes


Ketentuan mengenai pemeringkatan BUMDes dan aplikasi pemeringkatan BUMDes dapat dibaca juga disini Ketentuan Pemeringkatan BUMDes Tahun 2023.



Baca Artikel Menarik Lainnya:

Anggit Tinarbuka

Tag: username pemeringkatan bumdes, password pemeringkatan bumdes, sosialisasi pemeringkatan bumdes, pemeringkatan bumdesa, cara pemeringkatan bumdes, aplikasi pemeringkatan bumdes

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url