Harus Tahu! Cara Ubah PeduliLindungi Ke SatuSehat Mobile
aplikasi satusehat mobile |
Mulai tanggal 28 Februari 2023, Kementerian Kesehatan membagikan informasi bahwasanya aplikasi PeduliLindungi yang sejak masa Covid-19 digunakan sudah resmi di ubah menjadi aplikasi SatuSehat Mobile yang terintegrasi. Beberapa fitur akan di integrasikan dalam aplikasi ini seperti fitur vaksin dewasa dan imunisasi anak, resume medis elektronik, hasil tes lab dan diari kesehatan. Namun setelah diluncurkan kemarin banyak pengguna aplikasi yang mengeluhkan susah login maupun error. Hal ini salah satunya dikarenakan tahap awal pembaruan ditujukan untuk pengguna IOS sedangkan pengguna android akan menyusul.
Pendaftaran Aplikasi SatuSehat Mobile
Aplikasi SatuSehat Mobile tidak berbeda cara penggunaannya dengan PeduliLindungi, dengan adanya integrasi tentunya lebih beragam fitur. Untuk mendaftar di aplikasi Satu Sehat Mobile menggunakan data pribadi sesuai dengan NIK disertai nomor handphone yang sesuai dengan data saat vaksinasi Covid-19. Sehingga tidak dianjurkan untuk mendaftar menggunakan NIK orang lain karena data terintegrasi untuk menghindari kendala administrasi dan data.
Ubah Ke Satu Sehat Mobile
Mudahnya Aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstall di handphone akan meminta untuk update secara otomatis ke Aplikasi SatuSehat Mobile. Apabila tidak otomatis terupdate maka bisa dilakukan dengan cara manual dengan
- Buka Play Store / App Store
- Cari PeduliLindungi atau Aplikasi SatuSehat Mobile
- Klik tombol Update / Upgrade
- Buka Aplikasi SatuSehat Mobile untuk mendaftarkan akun
- Login dengan nomor handphone atau email yang terdaftar sebelumnya di aplikasi PeduliLindungi
- Kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui email atau whatsapp
- Centang Syarat Penggunaan untuk persetujuan akses Aplikasi SatuSehat Mobile
Menampilkan QR Code
Berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 Nomor 19 Tahun 2022, Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sudah tidak perlu lagi mengisi eHAC internasional. Sehingga bagi WNI dan WNA yang masuk ke Indonesia hanya perlu menggunakan Aplikasi SatuSehat Mobile ini. Kemudian lengkapi profil dan menunjukkan QR code kepada petugas bandara
- Buka aplikasi Aplikasi SatuSehat Mobile
- Klik Daftar untuk buat akun atau Masuk dengan akun yang sudah terdaftar
- Lengkapi data nama dan email atau nomor handphone untuk daftar maupun masuk
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui email yang didaftarkan
- Pilih menu Akun dan lengkapi profil
- Isi data sesuai yang diminta dan klik Simpan
- Klik tombol Tampilkan QR Code
- Tunjukkan QR code kepada petugas bandara
Cek Sertifikat Vaksin
Bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dapat mengakses sertifikat vaksin maksimal 3x24 jam setelah melakukan vaksinasi.
- Buka aplikasi Aplikasi SatuSehat Mobile
- Daftar atau login dengan akun terdaftar
- Pilih menu Profil
- Klik menu Kartu Status Vaksin dan Hasil Tes Covid-19
aplikasi satusehat mobile |
Arti Status Warna QR
Dalam Aplikasi SatuSehat Mobile ini terdapat tanda warna QR yang perlu diketahui antara lain
Warna Status HIJAU
Artinya adalah kita bisa atau diperbolehkan bepergian ke tempat umum karena termasuk ke dalam kriteria berikut:
-Sudah vaksinasi lengkap atau vaksinasi dosis lanjutan (booster) sesuai jenis vaksin yang diterima
-Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
-Hasil tes antigen (1x24 jam) atau PCR (3x24 jam) negatif
-Sudah vaksinasi lengkap dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari
Warna Status KUNING
Artinya adalah kita tidak bisa bepergian ke tempat umum yang berlaku pembatasan kegiatan dan bepergian sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku baik pemerintah pusat maupun daerah. Kriteria dari status kuning ini adalah:
-Sudah vaksinasi 1x atau vaksinasi lengkap sesuai jenis vaksin yang diterima
-Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
-Sudah vaksinasi 1x dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari
Warna Status Merah
Artinya adalah kita tidak bisa bepergian ke tempat umum karena masuk dalam kriteria ini:
-Belum divaksin atau baru vaksinasi 1x sesuai jenis vaksin yang diterima
-Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
Warna Status Hitam
Artinya adalah kita tidak bisa bepergian ke tempat umum karena terdeteksi positif Covid-19 yang masuk dalam kriteria merupakan:
-Positif Covid-19 kurang dari 10 hari
-Riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 14 hari
Perubahan Status Warna
Apabila ingin merubah status warna pada keterangan data Aplikasi SatuSehat Mobile setelah sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 dan sudah dianggap sembuh. Setelah melakukan tes PCR, status Warna akan kembali seperti semula. Selain itu tanpa tes ulang, status warna akan kembali seperti semula pada H+10 sejak terkonfirmasi positif.
Kalau hasil dari tes Antigen atau PCR belum muncul di Aplikasi SatuSehat Mobile ini, bisa dikonfirmasi kepada penyedia layanan tes PCR. Sebelum melakukan tes PCR juga sebaiknya dicek terlebih dahalu apakah laboratorium pemeriksa Covid-19 sudah terafiliasi dengan Kemenkes atau belum. Untuk melakukan cek bisa dilihat pada link berikut:
- PCR di link.kemkes.go.id/daftarlabpcr
- Antigen di link.kemkes.go.id/daftarlabantigen
Error Aplikasi SatuSehat Mobile
Kalau didapati dalam mengakses Aplikasi SatuSehat Mobile ini terjadi crash terutama pada handphone android, bisa dicoba cara seperti ini
- Masuk ke Pengaturan atau Setting handphone
- Cari Aplikasi SatuSehat Mobile pada bagian Aplikasi > SATUSEHAT Mobile > Penyimpanan
- Pilih pilihan untuk Hapus Memori dan Hapus Data
- Buka Aplikasi SatuSehat Mobile dengan akun terdaftar
- Daftar tempat tes Covid-19 yang terafiliasi oleh Kemenkes
daftar satusehat mobile |
Kontak Aduan Aplikasi SatuSehat Mobile
Untuk hal-hal lain yang perlu ditanyakan maupun dikonfirmasi seperti contohnya terkait sertifikat vaksin, bisa hubungi beberapa kontak berikut:
- Telepon 1500720
- Email helpdek@kemkes.go.id
- WhatsApp Kemkes 0811 1050 0567
Tag: Cara Ubah PeduliLindungi Ke SatuSehat Mobile, Aplikasi SatuSehat Mobile, Ubah Peduli Lindungi, Peduli Lindungi Berubah, Daftar SatuSehat Mobile, Error SatuSehat Mobile, SatuSehat Mobile Tidak Bisa